Lighting model
Definisi: satu set persamaan matematika yang menghitung warna
setiap pixel yang mewakili suatu objek.
Pengorbanan harus dilakukan antara kecepatan rendering dan
kualitas rendering. Secara umum, sebagai akurat dari model pendekatan nyata
efek pencahayaan dunia, semakin baik grafis tetapi lambat rendering.
Jenis cahaya yang
dipantulkan
ambient light
cahaya umum di ruang; cahaya latar belakang
cahaya yang telah tersebar di berbagai arah sehingga sumber
itu tidak dapat ditentukan
cahaya ambient menentukan warna dari bagian dari suatu obyek
tidak dalam cahaya langsung. Ini kadang-kadang disebut sebagai "sisi belakang,"
obyek seperti "sisi belakang bulan."
posisi relatif objek, kamera, dan sumber cahaya tidak
berpengaruh pada cahaya ambient
cahaya menyebar
cahaya yang datang dari satu arah tertentu, menyebarkan ke
segala arah
permukaan lebih cerah (beraikan lebih banyak cahaya) jika
tegak lurus terhadap arah cahaya
cahaya menyebar adalah apa yang memberi warna objek
mendominasi dan apa yang membuat obyek terlihat "melengkung" atau
"luas".
posisi relatif dari objek ke sumber cahaya menentukan
pencahayaan menyebar
cahaya specular
cahaya yang datang dari satu arah tertentu dan memantul
dalam satu arah tertentu
jumlah cahaya specular ditentukan oleh kelancaran obyek
cahaya specular menyebabkan "hot spot" pada objek
mengkilap. The "hot spot" bergerak sebagai pengamat bergerak
posisi relatif objek, kamera, dan sumber cahaya menentukan
jumlah pencahayaan specular.
Perhitungan
pencahayaan
0 komentar:
Posting Komentar